Jumat, 04 November 2011

MEMPERBAIKI TERUMBU KARANG YANG RUSAK . . .
Agar hasil perikanan meningkat, yang paling mendasar adalah memperbaiki habitat ikan di perairan kita, yakni terumbu karang dimana ikan akan berkembang biak dan ikan tidak pindah ke perairan lain. Kemudian mengembangkan industri perikanannya, mulai dari tatacara penangkapan sampai pengolahan, dan tak lupa melindungi perariran laut ini dari pencurian nelayan asing.
Seperti inilah secara ideal bila kita ingin meningkatkan penerimaan pajak. Tidak ada yang instan, bergerak dengan kesabaran dalam kepastian. Negeri ini mempunyai potensi yang luar biasa. Luas alam, jumlah penduduk, potensi industri yang bisa dibangun, pasar dalam negeri dan pasar luar negeri yang siap untuk menyerap . . . semua bisa menjadi sumber penerimaan pajak yang hebat bila semuanya ditata secara baik.
Kembali lagi the man behind the gun, bagaimana human-gadgets ini akan menggerakkan kehidupan bangsa ini. Stigma apa apa susah, termasuk kinerja membangun infrastruktur, mengapa dulu pemerintah kolonial Belanda bisa sedang sekarang kedodoran, tanpa navigasi pembangunan. Karena kita terus terpuruk dengan saling sikut untuk kepentingannya sendiri-sendiri dalam euforia politik, lupa menjadi bangsa yang harus bekerja keras setiap hari.
Harus ada kepercayaan baru. Harus ada keyakinan baru, kehidupan macam apakah yang kita kehendaki berikutnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar